Tutorial Cara Mengaktifkan Enkripsi Cadangan Whatsapp Kalian Di Google Drive

Enkripsi Cadangan Whatsapp Obrolan WhatsApp telah dienkripsi ujung-ke-ujung selama beberapa tahun sekarang. Ini berarti bahwa percakapan antara pengirim dan penerima tidak dapat dilihat atau disadap oleh pihak ketiga. Ini membuat pengalaman mengobrol di platform milik Meta jauh lebih aman. Namun, masalahnya adalah bahwa cadangan WhatsApp di Google Drive tidak dienkripsi secara default, artinya pintu terbuka bagi peretas atau lembaga penegak hukum untuk mengunduh dan menelusuri riwayat obrolan Kalian.

WhatsApp telah meluncurkan enkripsi ujung ke ujung untuk cadangan cloud, tetapi fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jika Kalian ingin membuat cadangan WhatsApp Kalian di Google Drive jauh lebih aman, penting bagi Kalian untuk mengenkripsinya untuk keamanan tambahan.

Sebelum Kalian mengenkripsi cadangan cloud WhatsApp Kalian, ada beberapa hal yang harus Kalian ketahui. Kalian harus menggunakan sandi minimal tujuh karakter dengan setidaknya satu nomor atau kunci enkripsi 64 digit untuk melindungi cadangan. Kalian tidak boleh lupa kata sandi/kunci enkripsi ini, karena Kalian tidak akan dapat memulihkan cadangan jika tidak. Bahkan untuk mengubah kunci/sandi enkripsi, Kalian harus memasukkan yang lama terlebih dahulu.

WhatsApp juga akan berhenti mencadangkan obrolan dan riwayat media Kalian ke Google Drive jika Kalian mematikan enkripsi ujung ke ujung. Kalian harus mengaktifkan kembali pencadangan cloud secara manual.

Cara Mengaktifkan Enkripsi Cadangan Whatsapp Kalian Di Google Drive

Cara Mengaktifkan Enkripsi Cadangan Whatsapp Kalian Di Google Drive
image source androidpolice.com

Sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini, pastikan untuk memperbarui ke versi terbaru WhatsApp dari Google Play.

  1. Buka WhatsApp di perangkat Android Kalian. Ketuk tombol menu luapan 3 titik dan navigasikan ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.
  2. Ketuk opsi cadangan terenkripsi ujung-ke-ujung diikuti dengan Aktifkan.
  3. Kalian sekarang akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci 64 digit yang akan digunakan untuk mengenkripsi cadangan WhatsApp Kalian.
  4. Lanjutkan untuk mengetuk Buat dan tunggu WhatsApp membuat cadangan terenkripsi. Tergantung pada pengaturan cadangan Kalian, cadangan ini kemudian akan diunggah ke Google Drive. Kalian mungkin perlu mengisi daya ponsel untuk memicu proses pencadangan cloud.

Setiap kali Kalian memulihkan cadangan WhatsApp cloud di perangkat lain, Kalian harus memasukkan kata sandi/kunci enkripsi terlebih dahulu. Tanpa itu, Kalian tidak akan dapat memulihkan cadangan. Kunci enkripsi / kata sandi seperti kunci cadangan WhatsApp Kalian yang disimpan di Google Drive. Jika Kalian lupa, tidak ada cara untuk membuka kunci cadangan.

Kalian dapat mengikuti langkah yang sama untuk menonaktifkan enkripsi cadangan WhatsApp untuk obrolan chatting Kalian, meskipun untuk tujuan konfirmasi, Kalian harus memasukkan kata sandi/kunci enkripsi terlebih dahulu.

By Pie

Leave a Reply

Your email address will not be published.