Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Situs Web Tersebut Aman di Smartphone_

Apakah Kalian berbelanja online atau memeriksa rekening bank Kalian melalui perangkat Apple atau Android Kalian? Berikut cara memeriksa apakah situs yang Kalian kunjungi itu nyata.

Smartphone tidak pernah sepopuler ini untuk menjelajah web. Baik Kalian ingin mengakses media sosial atau berbelanja online, komputer pribadi bukan lagi pilihan default.

Penjahat dunia maya sangat menyadari tren ini. Situs web berbahaya sekarang dirancang dengan mempertimbangkan pengguna Smartphone.

Jadi bagaimana cara mengetahui apakah situs web aman saat menggunakan Smartphone? Dan apa akibatnya jika tidak?

Apa yang Akan Terjadi Jika Situs Web Tersebut Tidak Aman?

8 Cara Memeriksa Apakah Situs Aman di Smartphone Kalian
image source lifewire.com

Segelintir orang akan mengambil pendekatan dengan santai terhadap keamanan internet ketika menggunakan perangkat seluler. Hal Ini dikarenakan Smartphone sedikit sulit untuk terkena virus.

Sayangnya, ini adalah kesalahan yang dengan senang hati dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya. Menggunakan situs web berbahaya bisa mahal, terlepas dari perangkat yang Kalian gunakan untuk mengaksesnya. Berikut adalah beberapa potensi ancaman.

Kalian Bisa Tertipu 

Jika Kalian membeli sesuatu dari situs web palsu, pemiliknya jelas tidak akan peduli perangkat apa yang Kalian gunakan. Toko online palsu lebih mudah dibangun dari sebelumnya. Dan sebagian besar telah dirancang untuk menargetkan pengguna smartphone.

Kata Sandi Kalian Dapat Dicuri

Situs web phishing dirancang agar tampak seperti situs web yang sah tetapi ketika Kalian memasukkan kata sandi, Kalian sebenarnya sedang berbicara dengan seorang penjahat. Ini dapat menyebabkan apa pun dari akun media sosial diretas hingga rekening bank Kalian dikosongkan.

Situs web ini bahkan lebih efektif di Smartphone karena layar kecil membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan.

Identitas Kalian Dapat Dicuri

Beberapa situs web dirancang semata-mata untuk mencuri informasi pribadi. Ini terbukti sama mahalnya dengan mengungkapkan kata sandi.

Detail kecil tentang hidup Kalian mungkin tidak selalu tampak sangat berharga. Tetapi jika Kalian menyediakan cukup banyak, mereka dapat digunakan untuk pencurian identitas.

Ponsel Kalian Bisa Terkena Virus

Malware adalah masalah yang jauh lebih besar di komputer daripada di Smartphone. Namun bukan berarti smartphone tidak bisa terkena virus. Setiap kali Kalian mengunjungi situs web jahat, karena itu Kalian berisiko bahwa perangkat Kalian akan mulai bertingkah aneh sebagai akibatnya.

Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Situs Web Tersebut Aman di Smartphone?

Cara Memeriksa Apakah Situs Web Tersebut Aman di Smartphone
image source ai4people.eu

Sebagian besar situs web berbahaya mudah dikenali asalkan Kalian tahu apa yang harus dilihat. Berikut adalah delapan cara untuk memeriksa apakah situs web aman di Smartphone Kalian.

1. Cari Ketidaksempurnaan

Beberapa situs web jahat sangat profesional dan Kalian tidak dapat mengetahui tujuannya hanya dengan melihatnya. Tetapi sebagian besar memiliki ketidaksempurnaan. Misalnya, Kalian mungkin melihat kesalahan ejaan atau gambar umum.

Ketidaksempurnaan ini lebih mudah untuk dilewatkan saat menggunakan smartphone. Sebelum menyerahkan informasi apa pun, ada baiknya untuk memeriksa apakah situs tersebut aman atau tidak untuk Kalian kunjungi: luangkan waktu untuk mengenal situs tersebut sedikit lebih baik.

2. Periksa HTTPS

HTTPS adalah protokol internet yang mengenkripsi informasi saat melewati dari satu komputer ke komputer lain. Jika situs web tidak dilengkapi dengan HTTPS, informasi apa pun yang Kalian berikan berpotensi dicuri melalui serangan Man-in-the-Middle.

Kehadiran HTTPS tidak secara otomatis berarti Kalian berada di situs web yang sah. Tetapi jika fitur ini tidak ada, situs web mungkin tidak dapat dipercaya.

Semua browser populer menampilkan gembok tertutup di bilah URL saat Kalian mengunjungi situs web dengan HTTPS. Jika Kalian melihat kunci terbuka, Kalian mungkin harus memeriksa apakah situs web tersebut aman atau tidak. Kalian bisa mencari referensi di website lain.

3. Waspada Pop-Up

Penjahat dunia maya suka menggunakan pop-up untuk segala macam tujuan jahat. Mereka dapat digunakan untuk menampilkan iklan yang sulit untuk keluar. Atau mereka dapat menipu Kalian untuk mengunjungi URL yang berbeda dengan yang Kalian minta.

Beberapa pop-up tidak berbahaya. Tetapi kecuali Kalian memiliki alasan untuk mempercayai situs web tersebut, pop-up biasanya berarti bahwa sebuah situs harus dihindari.

4. Cari Permintaan Izin

Jika sebuah situs web ingin mengakses apapun di ponsel Kalian selain browser, situs tersebut harus mendapatkan izin Kalian terlebih dahulu. Situs web yang sah meminta izin setiap saat sehingga permintaan saja tidak perlu dikhawatirkan. Dan dari sini Kalian dapat memeriksa apakah situs tersebut terpercaya atau web spam.

Tetapi jika Kalian diminta untuk mengunduh sesuatu atau memberikan akses ke informasi yang berpotensi bersifat pribadi, penting untuk melanjutkan dengan hati-hati.

5. Periksa URL dengan Hati-hati

Banyak situs web berbahaya dapat diidentifikasi hanya dengan melihat URL, Kalian harus jeli untuk memeriksa apakah situs tersebut benar-benar real. Situs web phishing sering mencoba menyamar sebagai situs yang sah dengan menggunakan nama yang mirip dengan aslinya.

Penjahat dunia maya juga menggunakan nama domain yang terdengar tidak profesional karena mereka tahu bahwa situs mereka pada akhirnya akan dilaporkan dan dihapus. Jika Kalian melihat salah satu dari hal-hal ini, situs web tersebut harus dihindari.

6. Gunakan Mesin Pencari

Semua situs web yang sah diindeks oleh Google. Jika Kalian mencari situs web dan tidak menemukan apapun, Kalian mungkin melihat sesuatu yang berbahaya.

Mesin pencari juga berguna untuk mengenali penipuan. Kecuali Kalian berada di situs yang bereputasi tinggi, Kalian harus selalu memeriksa ulasan pelanggan sebelum menyerahkan detail pembayaran Kalian.

7. Periksa Apakah Ada Versi Seluler

Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Situs Web Tersebut Aman di Smartphone_
image source apps.shopify.com

Semua situs web profesional sekarang dioptimalkan untuk digunakan pada perangkat seluler. Ini sebagian karena Google tidak akan mengirimkan banyak lalu lintas ke situs web jika tidak memiliki fungsi ini.

Jika Kalian melihat bahwa situs web tidak dioptimalkan untuk layar yang lebih kecil, ini harus diperlakukan sebagai tanda bahaya yang signifikan.

Jika sebuah toko online tidak peduli dengan pengguna ponsel, misalnya, itu mungkin karena toko tersebut berencana untuk mencuri sesuatu dari Kalian.

8. Gunakan VirusTotal

VirusTotal adalah situs web populer yang memungkinkan Kalian untuk memeriksa apakah situs tersebut aman atau tidak melalui URL yang ada di situs web tersebut. Ini akan memberitahu Kalian jika situs web telah ditandai sebagai berbahaya di masa lalu. Ini juga memungkinkan Kalian untuk memindai situs web sendiri dengan berbagai pilihan mesin antivirus terkemuka.

Penting untuk dicatat bahwa situs web ini dirancang untuk mengambil malware. Ini tidak serta merta memperingatkan Kalian tentang adanya penipuan atau phishing.

Jangan Menjadi Korban Kejahatan Dunia Maya di Ponsel Kalian

Pengguna Smartphone sama rentannya dengan situs web yang tidak aman seperti halnya pengguna PC. Beberapa situs web jahat sebenarnya bahkan lebih efektif di layar kecil karena ini memungkinkan ketidaksempurnaan mereka disembunyikan.

Jika Kalian menggunakan Smartphone untuk belanja online atau perbankan online, sangat penting untuk waspada terhadap situs dengan niat jahat. Memeriksa apakah situs tersebut aman atau tidak merupakan pilihan masing-masing, Namun Jika tidak, Kalian melakukan persis seperti apa yang diinginkan penjahat dunia maya.

By Pie

Leave a Reply

Your email address will not be published.