Cara Mulai Menggunakan WhatsApp

WhatsApp adalah layanan perpesanan yang sangat populer. Jika Kalian belum terbiasa dengannya, panduan pengantar kami akan membantu Kalian memahaminya.

Kemungkinannya adalah jika Kalian belum pernah menggunakan WhatsApp, Kalian mungkin belum pernah mendengarnya. Aplikasi perpesanan yang disukai adalah standar untuk mengirim pesan teks di banyak bagian dunia, tetapi jika Kalian tidak terbiasa dengannya, Kalian mungkin merasa ketinggalan.

Di bawah ini adalah panduan pengantar untuk WhatsApp. Kami akan membahas apa itu, fitur apa yang ditawarkan aplikasi, dan mengapa itu sangat populer.

Apa Itu WhatsApp?

Fitur WhatsApp Terbaru
Fitur WhatsApp Terbaru

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan instan gratis yang tersedia di Android dan iPhone. Hal ini memungkinkan Kalian untuk mengirim pesan teks ke pengguna lain satu-satu atau dalam kelompok. Yang penting, obrolan WhatsApp dilakukan melalui internet. Ini kontras dengan SMS standar, yang melewati penyedia telepon Kalian.

Di dalam obrolan, WhatsApp memiliki semua fitur yang Kalian harapkan dari aplikasi perpesanan modern, termasuk opsi untuk mengirim foto, membagikan lokasi Kalian, mencari dan mengirim GIF, dan sejenisnya. Selain layanan SMS inti, WhatsApp mendukung panggilan suara, panggilan video, dan pesan suara yang direkam.

WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh dua mantan Yahoo! karyawan. Pada tahun 2014, Facebook membeli aplikasi tersebut, dan telah berada di bawah payung Facebook (sekarang disebut Meta) sejak saat itu. Layanan ini memiliki basis pengguna yang besar; itu mencapai lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia pada tahun 2020.

Cara Mulai Menggunakan WhatsApp

source youtube.com

Sangat mudah untuk mendaftar dengan WhatsApp dan mulai mengirim pesan ke teman Kalian. Pertama, unduh WhatsApp untuk Android atau iPhone.

Buka aplikasi dan setujui persyaratannya, lalu Kalian harus menjalani proses pendaftaran sederhana. Setelah memasukkan nomor telepon, Kalian akan mendapatkan SMS berisi kode konfirmasi. Masukkan itu ke WhatsApp, dan Kalian hampir selesai.

Selanjutnya, masukkan nama Kalian dan atur foto profil. Kalian akan diminta untuk mengizinkan WhatsApp mengakses kontak Kalian, yang harus Kalian lakukan untuk hasil terbaik. Jika tidak, Kalian tidak dapat dengan mudah mencari nama orang di WhatsApp untuk memulai percakapan. Kemudian pilih apakah akan mengizinkan akses ke foto Kalian (untuk mengirim obrolan) dan Kalian siap untuk pergi.

Dasar-dasar Obrolan WhatsApp

Jika Kalian pernah menggunakan aplikasi perpesanan lain seperti Telegram, (Facebook) Messenger, Signal, atau Viber, WhatsApp akan tampak familier. Untuk mulai mengobrol, ketuk Baru tombol, yang ada di kanan atas iPhone dan kanan bawah di Android. Cari satu atau beberapa orang yang ingin Kalian ajak mengobrol, lalu masukkan pesan Kalian dan tekan Kirim.

Itulah kemampuan SMS dasar, tetapi ada lebih banyak penawaran WhatsApp dalam obrolannya. Untuk sebagian besar dari mereka, ketuk ikon Plus (iPhone) atau penjepit kertas (Android) di sebelah kotak obrolan untuk membuka menu yang memungkinkan Kalian mengirim gambar, lokasi, file, atau kontak Kalian. Stiker Ikonmemungkinkan Kalian mengirim GIF atau menyenangkan stiker, sedangkan Mic ikonmemungkinkan Kalian merekam pesan suara.

Di bagian atas, Kalian akan melihat ikon Kamera untuk memulai panggilan video dengan orang/grup ini, serta Telepon ikonuntuk memulai panggilan audio. Ketuk kontak atau nama grup untuk melihat info tentang mereka, mencari obrolan, mengubah wallpapernya, dan menyesuaikan opsi lainnya.

Tab Chatting di layar utama berisi semua obrolan ada Kalian, diperintahkan oleh aktivitas terbaru. Geser dari kanan ke kiri pada satu untuk Mengarsipkan obrolan jika Kalian tidak lagi membutuhkannya, atau ketuk Lainnya untuk melihat beberapa opsi. Dengan menggesek dari kiri ke kanan, Kalian akan melihat Pin untuk menyimpan percakapan di bagian atas daftar.

Apa Lagi yang Dapat Dilakukan WhatsApp?

Apa Itu WhatsApp, dan Mengapa Begitu Populer
image source google.com

Banyak orang menggunakan WhatsApp terutama untuk pengiriman pesannya, tetapi ada beberapa fungsi lainnya juga.

Pada tab Status, Kalian dapat menambahkan teks sementara atau status foto untuk dibagikan dengan kontak Kalian (atau orang tertentu yang Kalian pilih). Kalian juga akan melihat status apa pun yang telah dibagikan oleh kontak Kalian dengan Kalian.

Status ini sangat mirip dengan Instagram Stories—hanya tersedia selama 24 jam, dan teman Kalian dapat membalas setelah melihatnya. 

Jika Kalian sering menggunakan WhatsApp untuk panggilan audio, tab Panggilan memudahkan untuk memeriksa semua panggilan Kalian dan panggilan yang tidak terjawab, mirip dengan aplikasi dialer ponsel Kalian.

Tentu saja, Pengaturan penuh dengan opsi yang berguna. Khususnya, bagian Akun berisi opsi untuk menjadikan WhatsApp lebih pribadi dan aman, dan Perangkat Tertaut memungkinkan Kalian menggunakan WhatsApp Web untuk menikmati layanan di desktop atau laptop Kalian. 

Ingatlah bahwa WhatsApp tidak berfungsi tanpa Smartphone, jadi komputer Kalian harus terhubung ke perangkat seluler Kalian untuk menggunakan WhatsApp Web.

Mengapa WhatsApp Begitu Populer?

Jika Kalian tinggal di Amerika Serikat, Kalian mungkin tidak mengenal banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Layanan ini jauh lebih populer di wilayah lain di dunia, berfungsi sebagai sarana komunikasi default di India, Amerika Latin, sebagian Eropa, dan banyak lagi. Sebaliknya, AS adalah salah satu dari sedikit negara yang masih secara teratur menggunakan pesan teks SMS “jadul”.

Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp lebih banyak digunakan daripada SMS di seluruh dunia.

Biaya Rendah WhatsApp

Terutama, WhatsApp naik ke status di mana-mana di banyak wilayah karena biaya penggunaannya yang rendah. Pada saat itu menjadi populer, penyedia telepon di banyak negara mengenakan biaya per pesan teks, atau membatasi berapa banyak yang dapat Kalian kirim. Karena yang Kalian butuhkan untuk menggunakan WhatsApp hanyalah koneksi internet, itu adalah alternatif yang lebih menarik untuk SMS.

Namun, di Indonesia, sebagian besar penyedia seluler telah menawarkan pesan teks SMS tanpa batas sebagai fitur standar untuk beberapa waktu. Oleh karena itu, pengguna di sana tidak terlalu membutuhkan alternatif seperti WhatsApp—mereka tidak melihat alasan untuk mengunduh aplikasi lain untuk melakukan apa yang sudah mereka lakukan.

Dukungan dan Kesederhanaan Lintas-Perangkat

source youtube.com

Di AS, di mana banyak yang menggunakan iPhone, iMessage adalah pembawa pesan default untuk banyak orang—secara otomatis akan aktif saat Kalian mengirim SMS kepada seseorang yang juga memiliki iPhone. Tetapi karena Android jauh lebih banyak digunakan di seluruh dunia, iMessage tidak ada di mana-mana di luar AS.

Banyak wilayah berkembang di dunia juga mulai melihat adopsi smartphone skala besar, bersama dengan koneksi 3G, ketika WhatsApp masih baru. Dalam banyak hal, WhatsApp berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk menjadi sepopuler sebelumnya.

Di luar ledakan awalnya, WhatsApp tetap berada di puncak karena kesederhanaan dan fleksibilitasnya. Yang Kalian perlukan untuk mengirim pesan kepada seseorang adalah nomor telepon mereka, jadi Kalian tidak perlu khawatir untuk terhubung di Facebook atau menggunakan perangkat Apple. Mengirim SMS, menelepon, dan berbagi foto di satu tempat—tanpa iklan apa pun—sangat menarik.

Selain itu, SMS (dan MMS, yang digunakan untuk mengirim pesan multimedia) sudah usang. SMS masih dibatasi hingga 160 karakter per teks, dan MMS memiliki batasan ukuran file yang ketat yang mengganggu video dan gambar modern. WhatsApp adalah metode pengiriman pesan modern yang tidak terasa macet di tahun 2003.

WhatsApp Terenkripsi End-to-End

Cara Mulai Menggunakan WhatsApp
image source dnaindia.com

Sekilas tentang WhatsApp tidak akan lengkap tanpa menyebutkan bahwa itu terenkripsi ujung-ke-ujung. Ini berarti bahwa pesan yang Kalian kirim dengan layanan hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju.

Banyak layanan perpesanan lainnya, seperti Telegram, menggunakan enkripsi client-server secara default. Ini berarti pesan Kalian dienkripsi saat transit, tetapi pesan tersebut melewati server perusahaan dan dienkripsi ulang pada saat itu. Secara teori, seseorang di perusahaan dengan kunci dekripsi dapat membaca atau mengutak-atik pesan Kalian.

Meskipun enkripsi ujung-ke-ujungnya, banyak orang tidak mempercayai WhatsApp karena Facebook memilikinya. Apakah Kalian memutuskan untuk menggunakan WhatsApp terserah Kalian—meskipun jika Kalian memiliki teman dari seluruh dunia, kemungkinan besar Kalian harus melakukannya jika Kalian ingin berbicara dengan mereka.

Nikmati WhatsApp untuk Obrolan Kalian

WhatsApp adalah utusan yang solid yang menjadi aplikasi perpesanan de facto untuk sebagian besar dunia. Ini tidak sempurna—terutama karena kepemilikannya oleh Facebook—tetapi ini adalah cara penting untuk berbicara dengan sebagian besar dunia.

Jika Kalian mulai menggunakannya, ada banyak tip dan trik kecil untuk ditemukan di WhatsApp.

By Pie

Leave a Reply

Your email address will not be published.