Fitur Penyaringan Panggilan Android 12

Tutorial Cara mengaktifkan dan menggunakan fungsi penyaringan panggilan yang praktis dan telah diperkenalkan oleh Google untuk ponsel Google Pixel-nya. Screen Call, aplikasi penyaringan Google, memungkinkan Kalian menyaring panggilan untuk nomor yang tidak Kalian kenal (atau orang yang tidak ingin Kalian ajak bicara).

Hampir dua tahun kemudian, dan dengan Android 12, perusahaan telah menambahkan beberapa fitur berguna yang tidak hanya dapat menyelamatkan Kalian dari keharusan berurusan dengan panggilan spam tetapi juga dapat mencegah Kalian dari harus berurusan dengan proses yang membosankan dan membuat frustasi saat bekerja melalui menu panggilan. Dan beberapa di antaranya tersedia bahkan jika Kalian tidak memiliki Pixel.

Cara Kerja Penyaringan Panggilan

Cara Menggunakan Fitur Penyaringan Panggilan Android 12
image source br.atsit.in

Bagaimana cara kerja penyaringan panggilan? Saat Kalian menerima panggilan telepon dari seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak Kalian, Kalian akan mendapatkan tombol “Saring panggilan” (bersama dengan tombol untuk menerima atau menolak panggilan). Jika Kalian menekan “Layar panggilan”, penelepon akan mendapatkan pesan audio yang meminta mereka untuk mengatakan siapa mereka dan mengapa mereka menelepon. Teks pesan yang ditranskripsi dan balasannya akan muncul di layar Kalian. Kalian kemudian dapat memilih apakah Kalian ingin mengangkat panggilan atau tidak.

Akan tetapi, seperti yang kita ketahui, mungkin ada satu atau dua perbedaan besar antara ponsel Android, tergantung dari pabrikan serta modelnya. Hal ini mengakibatkan, salah satu dari fitur terbaru yang tersedia yakni: ‘penyaringan panggilan otomatis’ saat ini hanya dapat kita temukan pada Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Jadi pada artikel kali ini akan memberikan petunjuk terpisah tentang bagaimana cara menggunakan fitur penyaringan panggilan Google Pixel 6 atau 6 Plus serta untuk smartphone lain yang saat ini kemungkinan menggunakan Android 12. Kami menggunakan Pixel 3 untuk yang terakhir. Namun, jika Kalian memiliki, katakanlah, ponsel Samsung, Kalian dapat mengakses beberapa fitur ini dengan mengunduh aplikasi Google Phone dari Play Store, dan Kalian mungkin akan menemukan bahwa petunjuk ini juga berfungsi untuk Kalian.

Jika Kalian tidak mengenali penelepon, pilih tombol "Layar panggilan".
image source theverge.com
Jawaban penelepon Kalian akan muncul di layar Kalian, dan Kalian dapat memilih untuk menerima panggilan atau menutup telepon.
image source theverge.com

Tidak sulit untuk mengatur cara kerja Panggilan Layar. Inilah cara Kalian dapat menyesuaikan pengaturan Kalian, tergantung pada apakah Kalian menggunakan model Pixel 6 atau tidak.

Pengaturan Penyaringan Panggilan di Pixel 6 dan 6 Pro

  • Pada Aplikasi Telepon, ketik bagian titik tiga yang ada di sudut kanan bagian atas
  • Buka Pengaturan > Spam dan Layar Panggilan

Pertama-tama Kalian akan melihat dua kontrol yang dapat Kalian aktifkan dan nonaktifkan: “Lihat ID penelepon dan spam” (yang membuat telepon mengidentifikasi nomor bisnis dan spam, serta kontak yang dikenal) dan “Panggilan Terverifikasi” (yang memungkinkan Kalian melihat ID panggilan untuk bisnis yang diverifikasi sebagai sah).

Ketuk "Spam dan Penyaringan Panggilan".
image source theverge.com
Kalian dapat mengaktifkan kontrol untuk mengidentifikasi nomor bisnis.
image source theverge.com

Untuk kontrol lainnya, ketuk “Layar Panggilan.” Dari sini Kalian bisa memutuskan apa yang ingin Kalian lakukan dengan panggilan. Kalian bisa memberikan kategori seperti spam, nomor palsu, penelepon pertama kali, atau nomor tersembunyi. Dalam semua kasus, Kalian memiliki dua pilihan: Kalian dapat memilih untuk membuat telepon berdering dan kemudian secara manual memutuskan apakah Kalian ingin menyaring panggilan atau tidak, atau Kalian dapat membiarkan Google secara otomatis menyaring panggilan dan menolaknya jika itu panggilan robo. Satu-satunya pengecualian adalah panggilan spam, yang juga dapat Kalian pilih untuk ditolak secara diam-diam sehingga ponsel Kalian tidak berdering sama sekali.

Di Pixel 6 atau 6 Pro, Kalian dapat menyaring panggilan tertentu secara otomatis.
image source theverge.com
Ketuk kategori, seperti Spam, untuk menyaringnya secara otomatis.
image source theverge.com

Kalian harus mengatur masing-masing kategori ini secara terpisah: ketuk nama kategori dan pilih bagaimana Kalian ingin panggilan tersebut ditangani. Standarnya adalah membunyikan telepon dan membiarkan Kalian memutuskan secara manual apakah Kalian ingin menyaring panggilan, jadi jika itu pilihan Kalian, Kalian bisa membiarkannya apa adanya. Dan satu hal yang harus diperhatikan: menurut Google, penyaringan otomatis tidak akan berfungsi jika Kalian menggunakan headphone atau speaker.

Ada dua fitur lain yang dapat Kalian aktifkan di Penyaringan Panggilan. Kalian dapat menyimpan audio dari panggilan apapun yang disaring. Kalian juga dapat memiliki suara yang terdengar seperti wanita atau pria yang menjawab panggilan yang disaring; defaultnya adalah perempuan, jadi jika Kalian ingin mengubahnya, rekatkan pada “Suara.”

Penyaringan Panggilan di Pixel Lama dan Ponsel Lain

Jika Kalian tidak menggunakan Pixel 6 atau 6 Plus, Kalian masih akan ditawari kesempatan untuk menyaring panggilan setiap kali nomor tersebut tidak ada dalam daftar Kontak Kalian (walaupun Kalian tidak akan memiliki akses ke otomatis penyaringan tersedia di lini Pixel 6). Kalian dapat mengelola pengaturan untuk penyaringan panggilan di sini:

  • Pada Aplikasi Telepon, ketik bagian titik tiga yang ada di sudut kanan bagian atas
  • Buka Pengaturan > ID Penelepon & spam
Di banyak ponsel Android lainnya, Kalian dapat menemukan pengaturan penyaringan di bawah “ID Penelepon & spam .”
image source theverge.com
Kalian dapat memilih untuk memfilter panggilan yang dicurigai sebagai spam sehingga Kalian tidak perlu berurusan dengannya.
image source theverge.com

Kalian akan memiliki akses ke tiga kontrol yang dapat Kalian aktifkan dan nonaktifkan: “Lihat ID penelepon dan spam” (yang memungkinkan Kalian mengidentifikasi nomor bisnis dan spam, serta kontak yang dikenal).

Filter panggilan spam (untuk mencegah panggilan yang dicurigai sebagai spam berdering telepon Kalian), dan Panggilan Terverifikasi (yang memungkinkan Kalian melihat ID panggilan untuk bisnis yang diverifikasi sebagai sah).

Apakah Kalian memiliki akses ke penyaringan otomatis atau hanya penyaringan manual, tidak dapat disangkal bahwa dapat menyaring nomor telepon yang tidak dikenal dapat membantu kami menghindari harus berurusan langsung dengan panggilan yang mengganggu dan / atau menipu.

By Pie

Leave a Reply

Your email address will not be published.